Juni 27, 2011

Waktu Terbaik

Pernahkah kita menunggu waktu untuk memulai melakukan sesuatu pada waktu yang terbaik? Bagaimanakah akhirnya, apakah waktu yang terbaik itu datang atau malah kita tidak melakukan apapun karena merasa bahwa waktu terbaik yang ditunggu tidak kunjung datang?. Kebanyakan orang malah tidak melakukan sesuatu apapun karena merasa waktu tersebut tidak kunjung datang, dengan berbagai alasan. Ya, alasanlah yang membuat waktu terbaik tersebut tak kunjung datang.
Mungkin hanya sedikit yang pada akhirnya menemukan waktu terbaik yang diharapkan, itu pun dengan keyakinan sendiri bahwa waktu tersebut adalah waktu yang terbaik. Jadi yang terpenting adalah keyakinan untuk melakukan kegiatan tersebut, bukan menunggu waktu terbaik.

Sebenarnya, apakah waktu terbaik tersebut ada,
Bagaimana menurut pembaca sekalian?.
Menurut saya, waktu terbaik itu tidak ada. Karena semua waktu adalah baik dan semua waktu adalah terbaik. Setiap detik, setiap menit, jam, hari, bulan, dan tahun yang kita lalui adalah waktu terbaik yang telah diberikan oleh yang Maha Memiliki untuk kita manusia untuk beribadah kepada-Nya, untuk melakukan segala aktivitas dalam mencari keridhoan-Nya.

Seperti dalam firmannya : “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasihat-menasihati dalam kebenaran dan nasihat-menasihati dalam kesabaran” (Al-Asr : 1-3)

Waktu adalah salah satu hal yang apabila telah hilang tidak akan kembali lagi. Sekarang anda bayangkan, berapa lama waktu yang anda buang hanya untuk menunggu waktu yang menurut anda terbaik untuk melakukan suatu aktivitas. Sambil anda menunggu, yang sebenarnya terjadi adalah anda membuang waktu. Waktu yang seharusnya bisa anda gunakan untuk melakukan hal-hal yang produktif terbuang sia-sia tanpa ada hasil.
Ingatkah anda akan pepatah “waktu adalah uang”?. Sekarang anda pikirkan bahwa selama anda menunggu waktu terbaik,  sebenarnya anda sedang membuang-buang uang anda. Sayang sekali kan? Bila uang terbuang masih bisa di cari dan dihasilkan kembali dalam jumlah yang sama atau bahkan berlipat-lipat ganda besarnya, tapi apabila waktu yang terbuang bisakah kita mengembalikannya? Maka bijaklah akan waktu. Lakukan apa yang anda ingin lakukan tanpa harus menunggu kapan waktu terbaik untuk melakukannya.

Jadi untuk apa menunggu waktu terbaik ketika ingin melakukan sesuatu. Langsung gerak langsung EKSYEN, karena semua waktu adalah waktu terbaik tanpa terkecuali.

Wallahu a’lam bishowab

0 comments:

Posting Komentar